Selasa, 07 Desember 2010

Usus Sehat, Anak Pun Kuat


memberi asupan nutrisi yg baik untuk anak

kompas.com Rabu, 13 Februari 2008 | 23:06 WIB

ANAK tumbuh bila daya tahan tubuhnya kuat. Saluran cerna dalam hal ini merupakan portal penting yang perlu dijaga dan dipelihara kesehatannya. Demikian diungkapkan Rienani Mahadi, Praktisi Gizi Nestle Indonesia, Rabu (13/2).

Bila Anda ingin agar anak menjadi cerdas. Perlu dipahami bahwa kecerdasan anak bertumbuh akibat interaksi beragam faktor seperti, genetik, lingkungan dan stimulasi, juga nutrisi.

Dalam hal ini peran orangtua sangatlah penting. Orangtua harus senantiasa cermat dan waspada mengawasi si kecil. Saat masih balita, si kecil sedang getol-getolnya belajar banyak hal baru dari lingkungannya. Apakah lingkungan sekitar sudah cukup aman dan higienis untuk si kecil? Di sinilah orangtua berperan dalam menjaga dan memelihara si kecil. Banyak bakteri jahat yang dengan ganasnya bakal menghambat dan mengganggu pecernaannya. Untuk itu, orangtua mesti jaga-jaga, melengkapi si kecil dengan tameng dan perlindungan yang kuat. Saluran cerna perlu dilindungi karena di sinilah seluruh kekuatan dan daya tahan tubuh berada.

Jangan sampai pengabaian bagian ini membuat si kecil menjadi lemah. Imunitas lemah akan membuat anak mudah sakit dan terganggu proses belajarnya. ASI merupakan langkah awal yang penting diberikan sebagai perlindungan. Anak yang tidak meminum ASI eksklusif akan lebih rentan terhadap penyakit di sekitar saluran pencernaan, seperti diare atau konstipasi dan infeksi usus.

Selanjutnya pencernaan perlu dilindungi dengan probiotik sehingga makin kuat dan sehat. Probiotik merupakan bakteri-bakteri penjaga flora usus. Para orangtua dapat memperolehnya dari susu yang memang sengaja diberi bahan ini. Selain susu, makanan berupa sayuran juga dibutuhkan untuk memelihara kesehatan pencernaan.

“Yang penting orangtua mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh si kecil, baik itu kandungan kalori dan zat besi. Kurangi jajanan seperi gorengan, karena kandungan minyak tidak cocok untuk pertumbuhan si kecil. Jika ia ingin ngemil, cukup berikan sup ayam, karena sayuran dan daging yang terdapat di dalamnya sudah cukup bergizi,” ujar Rienani Mahadi.



PENDAPAT PARA AHLI TENTANG USUS
  • Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sumber dari segala penyakit adalah perut.. Perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu adalah obat.” (H.R. Muslim)
  • “Jika sistem pencernaan seseorang bersih, tubuh orang tersebut dapat melawan penyakit jenis apa pun dengan mudah. Jadi seseorang yang memiliki karakteristik lambung dan usus yang baik adalah orang yang sehat jasmani. Menjaga karakteristik lambung dan usus dengan baik berhubungan langsung dengan menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan. Satu-satunya cara mendasar untuk menyembuhkan penyakit apa pun terletak dalam gaya hidup kita sehari-hari.” (Dr. Hiromi Shinya, MD, ahli endoskopi gastrointestinal dan ahli bedah USA)
  • “Cucilah usus Anda supaya Anda merasa 20 tahun lebih muda. Jika tiap-tiap orang mengamalkan cuci usus, maka 95% klinik akan ditutup karena kekurangan pasien.” (DR. Victorian USA)
  • “Cuci usus akan menghilangkan sembelit, rasa lesu, penyakit pencernaan, sakit sendi, sakit pinggang, perut kembung, kencing manis, dll.” (Dr. Norman Walker, Dsc, Phd, USA)
  • “Makanan yang tersumbat di dalam perut, akan bertukar menjadi sisa makanan berbahaya. Bisa meracuni badan kita, mendatangkan penyakit dan mempercepat penuaan.” (Mal Nikoff, Pakar Patologi Pemenang Hadiah Nobel)
  • “Pada dasarnya, 90% penyakit abad ini berawal dari usus. Dari 100.000 usus besar, hanya 6% yang benar-benar normal.” (Dr. Harvey W. Kellogg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar