Rabu, 23 April 2014

KESULITAN & KEMUDAHAN



Kesulitan adalahbagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia. Siapapun tidak bisamenghindarinya. Karena kesulitan adalah teman seiring manusia untuk mengimbangikemudahan. Selama kita di dunia, keduanya akan selalu silih bergantimendatangi. Orang yang sedang mendapatkan kesulitan selalu berharap danberupaya kesulitannya segera menyingkir.

Yang sedangmendapatkan kemudahan mengharap kemudahan itu ada dalam genggamannya terusmenerus. Namun, mungkinkah itu?
Tentu tidak adakenyataan seperti itu dalam kehidupan kita. Kesulitan dan kemudahan hidup akandatang bergantian menyapa kita.

Kesulitandiberikan oleh Allah kepada kita, paling tidak mengandung tiga hikmah;
1. Denganmerasakan kesulitan kita menjadi tahu betapa berharga dan nikmatnya kemudahan.
2. Kalau kitamerasakan tidak enaknya kesulitan, kita juga yakin orang lain akan merasakanhal yang sama. Karena itu, kita berusaha untuk tidak menyulitkan hidup oranglain.
3. Jika kita sukakesulitan kita hilang, kita juga yakin orang lain merasakan hal yang sama.Sehingga kita dimotivasi untuk senang membantu orang lain mengatasikesulitannya.

Keyakinan bahwakesulitan dan kemudahan akan datang silih berganti menjadikan kita tidaksombong dengan kemudahan yang kita dapatkan dan tidak putus asa dengankesulitan.

Dalam suratAl-Hadid ayat 22-23 Allah berfirman :
"Tiada satubencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkantelah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya.Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah (Kami jelaskan yangdemikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput darikamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nyakepadamu. Dan Allah tidak suka orang-orang yang menyombongkan diri"


Dalam hal inikesulitan bisa diidentikkan dengan sesuatu yang negatif, tidak enak, tidakmenyenangkan, kegagalan, sakit atau hal yang tidak diharapkan lainnya.Sedangkan kemudahan bisa diidentikan dengan sesuatu yang positif, enak,menyenangkan, kesuksesan, sembuh atau hal yang diharapkan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar