Sy sdg baca buku tp blm selesai.
Berikut sy tuliskan 2 alinea yg sudah sy baca. Mohon komentarnya. Sebelumnya sy
ucapkan terima kasih.
Perkembangan
perusahaan MLM pada dasarnya tidak banyak mengalami kemajuan hingga paruh
terakhir tahun 1960-an. Di Inggris dan sebagian Negara-negara Eropa, system MLM
mulai bersinar pada awal tahun 1980-an. Sehingga banyak orang menjuluki
industri ini sebagai gelombang-tahun-delapan-puluhan. Ini menunjukkan,
pertumbuhan industri pemasaran jaringan semakin meningkat dalam kurun waktu dua
hingga tiga puluh tahun pertama sejak industri ini hadir sebagai industri baru,
hingga terjadi booming pada tahun
1980-an. Mulai akhir tahun 1970-an dan sepanjang tahun 1980-an merupakan
tahun-tahun ledakan eksekutif dimana ribuan manajer perusahaan meninggalkan
zona aman dari kehidupan para manajer yang telah mapan tersebut dan beralih ke
dalam industri pemasaran jaringan untuk memperoleh pekerjaan kewirausahaan.
Tidak pernah ada sebelumnya aliran masuk yang lebih besar dibandingkan dengan yang
terjadi pada dekade sekitar ini. Industri ini memperoleh momentum peningkatan
dan tmbuh menjadi industri terhormat pada tahun 1990-an. Ini terjadi di tengah
membumbungnya harga usaha-usaha waralaba yang hidup di bawah tekanan biaya
hokum yang tinggi dan intervensi pemerintah yang tidak terhindarkan. Seolah
dunia professional ini telah menemukan sebuah potensi kerugian yang rendah dan
keuntungan tinggi dari industri pemasaran jaringan. Ledakan eksekutif ini
semakin dahsyat manakala kelompok profesi lain, seperti lulusan perguruan
tinggi, para professor perguruan tinggi, manajer perusahaan sukses, para CEO,
dokter, penasehat hukum/advokat, pejabat negara, konsultan bisnis, rohaniawan
dan sebagainya, mengikuti jejak para professional ini. Kredibilitas industri
pemasaran jaringan terbangun di bawah pengaruh generasi baru yang datang di
tahun 1980-an ini.
Dengan semakin
meningkatnya keterlibatan kalangan professional ke dalam industri pemasaran
jaringan, pers perdagangan menurunkan banyak laporan tentang fenomena tersebut.
Industri ini didiskusikan dalam publikasi terkemuka seperti The Wall Street Journal, Forbes, Success,
Working at Home, Chicago
Tribune, juga oleh Associated Press
dan masih banyak lagi. Kredibilitas ini juga semakin meluas ke sektor
uiversitas. Selama dekade penutupan millennium kedua, muncul perdebatan di
Universitas Harvard mengenai perlu-tidaknya pemasaran jaringan ini diajarkan
kepada mahasiswa mereka. Secara kelembagaan, mungkin Universitas Harvard tidak
mengajarkan, tetapi pada bulan April 1997, Charless King, salah seorang doktor
yang pernah menginginkan sistem pemasaran jaringan agar menjadi bagian mata
kuliah di Harvard, memberikan kuliah tentang pemasaran jaringan di Harvard
untuk Kantor Sekolah Hukum Harvard bagian Bimbingan Kehidupan Mahasiswa,
Asosiasi Hukum dan Bisnis Harvard, dan Klub Marketing Sekolah Bisnis Harvard.
Bahkan di luar Universitas Harvard, King bersama-sama dengan Mark dan Rene Reid
Yarnell (sepasang pemasar jaringan yang sukses) mengampu mata kuliah pemasaran
jaringan di Universitas Illionis, Chicago ,
AS. Hingga saat ini, universitas
yang cukup ternama ini merupakan satu-satunya yang telah mengeluarkan
sertifikat dalam bidang ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar